Jumat, 13 Oktober 2023

Hobi Kuliner? 11 Makanan Khas Indonesia yang Wajib di coba!

Enak dan Wajib Banget di coba!

Indonesia adalah negara yang terdiri dari beraneka ragam budaya dan kuliner. Hal tersebut membuat setiap daerah memiliki makanan dengan ciri khas dan rasa yang unik. Berikut beberapa makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba!

1. Rendang

Rendang merupakan makanan yang berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat. Makanan ini berbahan dasar irisan daging yang dimasak dengan aneka rempah khas padang yang gurih dan santan. Proses memasak rendang sendiri memerlukan waktu yang cukup lama dengan waktu kurang lebih 4 jam.


2. Pempek

Pempek atau empek-empek merupakan makanan khas Palembang, Sumatra Selatan. Makanan ini terbuat dari daging ikan tenggiri, toman, atau gabus yang digiling sampai halus, dicampur dengan tepung sagu dan beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih halus, dan penyedap rasa. Pempek disajikan dengan kuah cuka yang  gurih, manis, asam, dan pedas. 

3. Kerak Telur

Kerak telur adalah makanan yang berasal dari Jakarta (Betawi). Makanan ini terbuat dari ketan putih, kelapa parut, telur ayam atau telur bebek, dan ditambah ebi (udang kering yang diasinkan) dan bawang merah goreng.

4. Serabi

Serabi adalah makanan khas Solo, Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, santan, daun suji, dan garam. Serabi memiliki bentuk bulat dan pipih dengan pinggiran coklat yang tipis dan renyah.

5. Bika Ambon

Bika ambon merupakan makanan khas Medan, Sumatra Utara yang terbuat dari tepung tapioca, telur, gula dan juga santan. Proses pembuatan bika ambon membutuhkan waktu berjam-jam selama 12 jam. 

6. Ayam betutu

Ayam betutu merupakan makanan khas Bali. Makanan ini terbuat dari ayam utuh yang dibumbui dengan bumbu rempah khas Bali kemudian direbus dan dibakar. Betutu bercita rasa pedas dan memiliki aroma yang harum. 

7. Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta, Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari Nangka muda yang dimasak dengan gula merah, santan dan daun jati hingga lembut dan bumbu meresap. Gudeg memiliki ciri khas rasa yang manis. 

8. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Surabaya. Rawon adalah sup kuah berwarna hitam pekat yang terbuat dari buah kluwek dan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahde, ketumbar, kunyit dan cabe dan disajikan dengan potongan daging sapi.

9. Sup Konro

Sup konro adalah masakan khas Makasar, Sulawesi Selatan yang terbuat buah kluwek sehingga sup ini berwarna coklat kehitaman. Sup ini memiliki tekstur kuah yang kental dan disajikan dengan iga sapi dan ketupat kecil yang sudah dipotong-potong. Sup Konro ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan aroma rempah yang kuat. 

10. Lapa-lapa

Lapa-lapa adalah makanan bercita rasa gurih khas Sulawesi Tenggara. Lapa-lapa terbuat dari beras, ketan, jagung, ubi, kelapa, dan garam dan dimasak dengan daun pisang.

11. Papeda

Papeda merupakan makanan unik khas Papua Timur. Papeda adalah bubur sagu bertekstur kenyal dan lengket seperti lem dan berwarna putih bening yang disajikan dengan ikan tongkol atau mubara berbumbu kunyit.


Dibuat oleh: Christine Taneshia - 115210032

10 komentar:

Merek yang dikira dari luar negeri ternyata dari Indonesia Loh!!

 Banyak brand alias merek dagang ternama yang produknya tersebar di Indonesia. Namun banyak pula yang mengira brand-brand tersebut berasal d...