Selasa, 28 November 2023

Merek yang dikira dari luar negeri ternyata dari Indonesia Loh!!

 Banyak brand alias merek dagang ternama yang produknya tersebar di Indonesia. Namun banyak pula yang mengira brand-brand tersebut berasal dari luar negeri. Memang banyak brand tersebut yang menggunakan bahasa asing tetapi merupakan produk lokal. Berikut ini merek terkenal yang sering dikira dari luar negeri:

1. J.CO



Donat warna-warni dan aroma yang menggugah selera sering kali terlihat di gerai J-CO. Namun tahukah kamu kalau J.CO merupakan merek asli Indonesia? 
J.CO berdiri di bawah Johnny Andrean Group. Gerai pertama J.CO dibuka pada Mei 2006 lalu. Kemudian tahun 2007 J.CO membuka gerai pertama di Malaysia. Pada 2008 di Singapura, 2012 di Filipina, 2016 di Hong Kong dan 2018 di Arab Saudi.


2. The Executive

Untuk pria dan wanita karir pasti tak asing dengan merek The Executive. Ternyata merek fashion ini merupakan asli Indonesia lho. Dikutip dari laman resmi theexecutive.co.id disebutkan pada 1984 perusahaan mengambil alih Executive 99 dan menjadi bagian Delamibrands group. Saat ini ada 60 toko dan lebih dari 100 counter di department store.

3. HokBen

Restoran cepat saji yang menjual masakan Jepang ini didirikan pada 18 April 1985. Di bawah lisensi PT Bogainti. Pertama hadir di Kebon Kacang, Jakarta. Dulunya bernama Hoka Hoka Bento, namun PT Bogainti sekarang sudah menguasai merek secara penuh. Karena tak ada lagi merek yang sama di Jepang.HokBen tahun 2020 memperkenalkan konsep baru yaitu hanya melayani pesanan dibawa pulang. Dengan konsep ini diharapkan bisa melayani pelanggan lebih cepat karena lebih mudah dijangkau armada delivery online.

4. Holland Bakery

Bagi para pecinta roti mungkin sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini. Toko roti ini menjual berbagai menu mulai dari roti, kue, kue kering, hingga jajanan pasar. Beberapa di antaranya adalah Bika Ambon, Black Forest, lemper ayam, pastel, kue nastar, roti tawar, dan lainnya. Meski demikian, sejatinya Holland Bakery merupakan jaringan toko roti asal Indonesia. Melansir dari situs resmi perusahaan, Holland Bakery merupakan salah satu pionir dalam bisnis bakery modern di Indonesia. Bahkan, toko roti ini sudah berdiri sejak tahun 1978.

5. SilverQueen

Ternyata Silverqueen bukan cokelat dari luar negeri. Pabriknya berada di Garut, Jawa Barat. Dulunya ada Ming Chee Chuang yang merupakan pria berkebangsaan Burma keturunan China yang tinggal di Garut dan membeli perusahaan coelat NV Ceres dari orang Belanda.


115210214 - Justine Caestillo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merek yang dikira dari luar negeri ternyata dari Indonesia Loh!!

 Banyak brand alias merek dagang ternama yang produknya tersebar di Indonesia. Namun banyak pula yang mengira brand-brand tersebut berasal d...